Rabu, 01 Februari 2012

Wah! Peneliti Kembangkan Alat Pembaca Pikiran

[imagetag]

London - Peneliti di University of California, Barkeley, Amerika Serikat, berhasil merekonstruksi kata-kata yang didengarkan oleh subyek teliti. Menggunakan program komputer, para peneliti "membaca pikiran" subyek teliti dengan menganalisis pola-pola aktivitas listrik di otak mereka.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Public Library of Sciences atau PLoS Biology pada Rabu 1 Februari 2012 ini diyakini para ahli memberi harapan bagi ribuan penderita kerusakan otak untuk bisa berkomunikasi secara lisan.

Prof. Robert Knight, salah seorang peneliti, mengatakan, "Ini langkah besar bagi pasien yang tidak bisa bicara lantaran stroke atau menderita penyakit Lou Gehrig."

Tim ini meneliti 15 pasien epilepsi. Sebanyak 256 elektroda mereka pasang pada otak melalui sebuah lubang di tengkorak kepala.

Para peneliti kemudian memonitor aktivitas pada lobus temporal--area di otak merancang pembicaraan--saat para pasien itu mendengarkan percakapan selama lima sampai sepuluh menit. Dari pengamatan tersebut mereka mampu membuat dua model program komputer untuk menghubungan sinyal-sinyal dalam otak dan mengubahnya menjadi suara-suara.

Untuk menguji program tersebut para peneliti lalu memperdengarkan satu kata kepada pasien, lalu "menebak" kata itu menggunakan kedua model komputer tersebut. Tebakan para peneliti sejauh ini memiliki akurasi 90 persen.

Dr. Brian Pasley dari Helen Wills Neuroscience Institute, yang memimpin penelitian, mengatakan akurasi bisa ditingkatkan dengan meneliti percakapan yang lebih panjang. Atau, melakukan penelitian lanjutan pada bagian lain dari otak yang juga terlibat dalam proses bicara.

"Jika bisa memahami dengan baik hubungan antara rekaman otak dan suara, Anda tentu juga akan bisa menyuarakan atau mencatat dengan peralatan khusus bunyi yang dipikirkan oleh seseorang," kata Dr. Pasley. Dia mencontohkan seorang pianis yang "mendengarkan" musik di kepalanya, hanya dengan melihat tuts piano yang ditekan.

SUMBER
[imagetag]

Sigit Priambodo 01 Feb, 2012

Sparks 01 Feb, 2012


-
Source: http://hornyberat.blogspot.com/2012/02/wah-peneliti-kembangkan-alat-pembaca.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar